Upgrade RAM android 1gb menjadi 2gb

eMMC adalah singkatan dari Embedded Multi-Media Controller, suatu komponen elektronik yang berfungsi sebagai media penyimpanan induk ( storage ), Sedangkan eMCP adalah singkatan dari embedded multi-chip package, melihat dari namanya komponen adalah gabungan dua jenis atau lebih dari komponen yang berbeda. dan memang eMMC adalah suatu komponen gabungan dari eMMC dan RAM yang di packing menjadi satu jenis komponen dan di beri nama eMCP. lalu apa hubunganya dengan Upgrade ram pada android. 

Pertanyaan seperti judul di atas sering sekali saya temui di grub-grub android, lalu apakah jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan seperti di atas ? Jawabanya adalah ada yang bisa dan ada juga yang tidak bisa. Kenapa bisa begitu ? Saya akan menjelesakan secara singkat tentang perbedaan dua hal tersebut. Yang pertama adalah android devices yang tidak dapat di upgrade kapasitas RAMnya. Semua android di bekali dengan dua macam penyimpanan, Penyimpanan pertama adalah eMMC atau Embedded Multi-Media Controller, Yang berfungsi sebagai Storage atau penyimpanan file, baik file Operating System maupun file user data seperti foto dan file multi media lainya, Sedangkan penyimpanan yang kedua sering kita sebut sebgai RAM atau Random Acess Memmory yang berfungsi sebagai penyimbanan sementara, RAM ini berfungsi menyimpan chace yang di butuhan sebelum di eksekusi oleh CPU ( central procesing unit ). dan kedua komponen itu adalah dua komponen yang berbeda tempat dan tidak menyatu dalam satu komponen. Pada kasus android yang tidak dapat melakukan upgrade RAM karena vendor pembuat tidak mengeluarkan part atau suku cadang dengan kapasitas yang berbeda dangan seri produk yang di buatnya. Jadi untuk kasus di atas emilik android dengan RAM dan eMMC terpisah tidak dapat melakukan Upgrade RAM, karena tidak ada part dengan kapasitas lebih besar yang cocok jika di pasangkan dengan seri android yang di maksud.

Sedangkan yang kedua adalah android yang dapat melakukan upgrade RAM, Pada kasus kedua ini tidak semua devices android bisa melakukanya, hanya ada beberapa seri android yang bisa di upgrade RAMnya. Kenapa bisa di upgrade. Karena pada devices kedua ini sama - sama memiliki eMMC dan RAM. hanya saja pada kasus ini terjadi pada android keluaran baru yang sudah menggunakan eMMC dan RAM menyatu, yang sering di sebut sebagai eMCP ( embedded multi-chip package ). eMCP adalah gabungan dari dua part eMMC dan RAM yang kemudian di beri nama eMCP. bentuk dan ukuran eMCP sudah standard international jadi pengguna android yang telah di bekali dengan eMCP dapat melakukan upgrade RAM sekaligus upgrade storage secara bersamaan.

Pada Intinya seperti yang saya katakan di atas, Bahwa tidak semua android device dapat di upgrade RAMnya. namun memang ada beberapa RAM android yang dapat di upgrade dengan syarat andriod devices tersebut sudah menggunakan tehnologi eMCP.

Upgrade RAM android 1gb menjadi 2gb Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

3 komentar: