Menambah daya listrik sendri

Seiring perkembangan jaman dan semaki pesatnya tehnologi sudah memaksa kita menjadi konsumer yang boros, Dalam hal ini yang saya maksudnya adalah borosnya mengkonsumsi daya listrik di rumah karena kita harus di hadapkan dengan peratalan modern yang hanya dapat di operasikan dengan tenaga listrik. Hal itu itulah yang membuat sebagian orang melakukan tindakan kecurangan dengan melakukan praktik pencurian daya listrik. Pencurian yang saya maksud adalah mengubah daya listrik rumah yang terdaftar 450watt kemudian di modifikasi menjadi 900 bahakan 100 watt lebih dengan penggantian MCB sendiri. Selain berbaya hal terbut juga dapat di kategorikan pencurian yang bisa mambawa anda masuk ke ranah hukum pidana, Karena unuk mengganti MCB kita harus membuka segel pada meteran kwh yang oleh PLN sendiri sudah di jelaskan denda jika sampai merusak sebel.

gambar sumber : liputan6.com
Apakah penggantian MCB sendiri tidak akan pernah ketahuan oleh PLN ? tentu saja itu pendapat yang salah, Meskipun PLN tidak pernah melaukan kontrol kwh rutin tapi PLN akan tau jika seorang pelanggan telah melakukan tindakan kecurangan seperti di atas, Bagai mana PLN bisa tau ? itu mudah saja. Setiap pelanggan dengan daya tertentu sudah di berikan ambang batas penggunaan dan biaya, Misalnya saja untuk pelanggan listrik daya 450watt dengan MCB 2ampere jumlah maksimal yang di bayarkan adalah 100ribu rupian. Nah dari penjelasan singkat di atas, Jika pelanggan listrik 450watt melakukan pembayaran bulanan hingga 100ribu lebih dapat di pastikan pelanggan tersebut sudah melakukan kecurangan, Sebab jika pelanggan 450watt membayar bulanan sampai 150ribu sudah pasti daya tidak mencukupi dan MCB akan selalu ngetrip, salah satu cara biar ga ngetrip ya dengan mengganti MCB menggunakan ampere yang lebih besa.

Dari artikel di atas kita dapat memahami memahami bahwa penggantian MCD tidak resmi adalah salah satu tindakan pencurian, Jadi saran saya jika memang kebutuhan konsumsi listrik anda sudah melewati ambang daya terdaftar. Ada baiknya anda menghubungi kantor PLN untuk meminta penambahan daya secara resmi. Apa lagi kabarnya PLN membebaskan biaya untuk pelangan yang ingin melakukan penambahan daya.

Yang anda harus fikirkan juga adalah biaya beban bulanan yang juga akan ikut bertambah jika anda menggunakan daya listrik yang lebih tinggi. Jadi bisa di bilang harga per 1kwh pelanggan 450watt lebih murah jika di bandingkan harga per 1kwh pelanggan 600watt. dan mungkin sbelum anda memutuskan untuk menambah daya listrik di rumah, anda bisa mencari referensi terlebih dahulu tentang biaya yang harus di bayarkan oleh masing-masing pelanggan listrik yang berbeda daya seperti contoh di bawah ini.

Daya listrik
Tarif listrik
Beban
Keterangan
450 watt
Rp. 415/kwh
-
bersubsidi
900 watt
Rp. 605/kwh
-
bersubsidi
1300 watt
Rp. 1352/kwh
-
non-subsidi

Menambah daya listrik sendri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

2 komentar: