Cara merubah CDMA menjadi GSM pada andromax G1 dan C1

Dihapuskanya jaringan CDMA dari jalur frekuensi di indonesia cukup membuat galau bagi beberapa pengguna smartphone yang berbasis CDMA dengan technologi EVDO, pada khususnya pengguna android keluaran Smartfren yang masih menggunakan jaringan ecvdo dan 1x, Pihak smartfren pun telah menawarkan pada pelangganya untuk mengganti HH mereka dengan perangkat baru yang sudah mensuport jaringan LTE atau 4G, Karena jika mereka tidak mengupgrade perangkat, maka kartu lama mereka tidak akan dapat di gunakan lagi pada android keluaran versi lama yang masih mengusung platform evdo.

Lalu bagai mana dengan mereka yang masih menggukan hh dengan platform evdo ? apakah mereka masih bisa menggunakan HH mereka untu berselancar di dunia maya dengan kartu lama mereka ? dan sayang sekali, jawabanya adalah tidak, karena saat ini jaringan evdo sudah tidak tersedia lagi, Artinya mereka tidak akan dapat memggunakan HH mereka untuk berselancar di dunia maya seperti dulu. kemudian apa solusinya ?

Salah satu solusi agar HH tetap dapat anda gunakan dan slot sim 1 tetap berguna adalah dengan melakukan unlock dual GSM, keuntungan dri unlock dual GSM adalah, HH andromax lama kalian dapat di gunakan untuk mengaktifkan dua kartu GSM. jadi kalaian tidak perlu lagi menggunakan kartu CDMA lama kalian, Sedangkan kerugianya adalah, Jaringan data jika menggunakan kartu GSM hanya akan mampu mengakses pada jaringan 2G saja atau EDGE saja. Dan tutorial di bawah ini adalah cara mengubah Andomax G1 ad687G dan andromax C1 ad686g. selain dua hh ini saya harap kalian tidak mecoba2 melakukan tutorial ini pada HH kalian, jika kalian nekat silahkan resiko tanggung sendiri.

Tutorial ini dapat di gunakan pada semua rom. baik costom maupun rom official ( rom odex ), dan syaratnya adalah sebgai berikut : 

  • Andromax kalian sudah dalam kondisi rooted
  • Sudah terinstal CWM recovery


Langkah langkah adalah sebagai berikut :

  1. Pasang kartu CDMA di slot satu
  2. Download patch dual GSM pada link di akhir postingan ini
  3. Copy file yang sudah di download ke SDcard
  4. Nyalakan HH ke mode recovery
  5. Pilih instal zip from Sdcard, kemudian pilih file tadi
  6. Setelah menyala silahkan cari aplikasi LTE on off,
  7. Buka aplikasinya, kemudian scrol ke bawah, pada opsi jaringan pilih GSM only, tekan refresh, dan silahkan keluar.
  8. Buka aplikasi xposed instaler, tekan pada module, ceklist pada hook sin2 data, pilih framework di pojok kiri atas, kemudian pilih instal update, jika minta reboot pilih no.
  9. matikan andromax, ganti sim satu dengan kartu GSM, masukan juga kartu GSM di slot 2
  10. Nyalakan Andromax kalian
  11. Selamat, sekarang andromax kalian sudah menjadi dual GSM, 
  12. Untuk merubah data ke sim 2, slahkan masuk pengaturan, jaringan dan aktifkan data, kemudian pilih sim yang kalian inginkan.
Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat,

patch dual gsm credit for : Fauzan Sujana


download unlock GSM

Cara merubah CDMA menjadi GSM pada andromax G1 dan C1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

2 komentar: