Cara merubah modem 3G menjadi 4G LTE

Cara merubah USB modem 3G HSDPA menjadi 4G LTE - Pertanyaan ini sering sekali muncul di forum forum gadget, Tentu saja si penanya dapat saya yakini sebagai user yang memiliki pengalaman kurang luas, Pertanyaanya mungkinkah bisa merubah modem USB 3G menjadi 4G ? sebelum kita jawab bisa dan tidaknya, Alangkah baiknya kita cari dulu referensi yang dapat di percaya mengenai apa itu 3G dan apa itu 4G, sedikit akan kita jelaskan masing masing dari hal tersebut.

Sebelum kita akan jelaskan bahwa LTE itu adalah teknologi yang berdiri sendiri bukan hasil pengembangan dari teknologi GSM maupun teknologi CDMA. LTE adalah teknologi yang dikhususkan untuk koneksi data internet mobile broadband. Di sini jelas bahwa LTE itu basis teknologinya adalah koneksi data internet. 

Koneksi data internet di teknologi GSM dikembangkan dengan teknologi 3G kemudian menjadi HSDPA dan sekarang HSDPA+. Sedangkan untuk teknologi CDMA dikembangkan dengan teknologi EVDO Rev A kemudian EVDO Rev B. Lalu GSM dan CDMA sekarang menggunakan teknologi LTE. Teknologi LTE sendiri adalah teknologi universal yang tidak berangkat dari GSM maupun CDMA namun teknologi ini bisa dipasangkan di module GSM dan CDMA.

Sebuah perangkat modem bisa terkoneksi ke LTE jika dilengkapi modul LTE. Modul inilah yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teknologi LTE. Module LTE sendiri bekerja dengan frekuensi yang berbeda-beda. lebih gampangnya jika frekuensinya tidak sama dengan Frekuensi Operator maka ya tidak bisa nyambung. Sama juga dengan GSM dan CDMA harus ada modulnya dan frekuensinya cocok.

Seharusnya di sini sudah terjawab kenapa kok modem terbaru dalam contoh ini modem terbaru keluaran telkomsel yang kita kenal sebagai ISP GSM bisa terkoneksi ke jaringa smartfren 4G yang lama kita kenal sebagai provider CDMA. Tentu jawabanya karena modem telkomsel terbaru menggunakan modul LTE yang frekuensinya sama dengan smartfren 4G. Jadi bukan lagi masalah GSM dan CDMA kalau kita melihat konteks dari LTE.

Dari sedikit penjelasan di atas, tidak mungkin merubah modul bawaan modem maupun handphone yang sudah bawaan pabrikan, Jika modul bawaan berupa modul GSM atau CDMA akan mustahil merubahnya ke jaringan LTE hanya dengan merubah softwarenya sekalipun mereka ahli bisang micro controler. Karena 3G dan LTE itu adalah masalah hardware dalam konteks ini adalah module yang di gunakan, Untuk merubah modem 3G menjadi 4G perlu merubah atau melakukan penggantian harware, dan tentu saja itu tidak mudah dan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. So dari pada berfikir merubah modem 3G menjadi $g dengan bantuan software micro controler mendingan beli modem yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Cara merubah modem 3G menjadi 4G LTE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YUDHI WNARNO

53 komentar:

  1. CARANYA DIMANA GAN ? ? ? ? ?
    BACA LAMA TAPI NIHILL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena 3G dan LTE itu adalah masalah hardware dalam konteks ini adalah module yang di gunakan, Untuk merubah modem 3G menjadi 4G perlu merubah atau melakukan penggantian harware, dan tentu saja itu tidak mudah dan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. So dari pada berfikir merubah modem 3G menjadi $g dengan bantuan software micro controler mendingan beli modem yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

      Delete
    2. Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK qf

      Delete
  2. KALAU GA BISA YA GA USAH DIPOST BRO.. CLICKBAIT.. NAJIS

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sad, artikel gk berguna/shitpost lol
    clickbait demi duit? haram tuh bro

    ReplyDelete
  5. punya artikel norak kudet gk ngerti teknologi, jangan banyak bacot kalo gak ngerti cuman buat menipu orang untuk dapet uang,,
    faktanya banyak HP yang dulu nya 3G bisa upgrade 4G, itu masalah manipulasi saja, Indonesia belom bisa dikatakan murni 4G, karena provider hanya mengakali jaringan dengan membagi batas dari jaringan itu. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo juga norak tolol.. Pernyataannya itu bener..Hahahahahaha...

      Delete
    2. Hp 3G upgrade ke 4G??????? Wkwkwkwkwkkk..

      Delete
    3. Lha... ya bisalah bego naikin 3G ke 4G, cuma otak atik doang. Bisa diakalin. Malah ngakak, wekawekaweka. Alay.

      Delete
  6. Judul artikelnya salah, seharusnya....

    Modem 3G tidak bisa dirubah ke 4G (Kecuali ganti Hadware/componen)

    ReplyDelete
  7. daripada ribet buat di rubah, mending beli yang baru yang udah jaringan 4g,,, gampang kann,,,,

    ReplyDelete
  8. daripada ribet buat di rubah, mending beli yang baru yang udah jaringan 4g,,, gampang kann,,,,

    ReplyDelete
  9. setidaknya kasian...ada yang tau kalo 3G nggak bisa dirubah menjadi 4G...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. yuk belajar servis laptop sendiri
    http://omah-download.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. bangsat , ini blog orang orang ga punya manfaat , hanya menguntungkan diri sendiri anjing.. isi nya iklan tai anjing

    ReplyDelete
  13. bodoh... gituh pos sook piter it.. carane iku gampang ..
    main scrip blok gobblok

    ReplyDelete
  14. Modem jelas tidak bisa jadi rubah, kan Anda bilang "merubah". Merubah: menjadi rubah ("fox" dalam bahasa Inggris).

    ReplyDelete
  15. saya pakai Mode Gratis Jadi tidak bisa lihat yang Komen Cuma saya Bisa Mendokan semoga yg Komen Yang Habis Terkena Musibah Banjir di Berin Ketabahan Aamiin

    ReplyDelete
  16. saya pakai Mode Gratis Jadi tidak bisa lihat yang Komen Cuma saya Bisa Mendokan semoga yg Komen Yang Habis Terkena Musibah Banjir di Berin Ketabahan Aamiin

    ReplyDelete
  17. Penjelasannya bagus. cuma salah judul aja "Cara merubah modem 3G menjadi 4G LTE"...."merubah modem 3G menjadi 4G LTE, bisakah?"

    ReplyDelete
  18. KucingPoker(dot)net adalah situs permainan dominoqq online dan Bandar Capsa Online yang memberikan bonus member baru 20% untuk minimal deposit 50rb.Dapatkan juga bonus turn over 0,3% dan bonus referral 10%. Bermacam macam jenis permainan seperti BANDAR CAPSA, BANDAR CEME, POKER ONLINE, LIVE POKER, DOMINO99, DOMINOQQ.
    Dijamin dapat Bonus Salsdo / Koin, info hubungi WhatsApp : +855962611863

    ReplyDelete
  19. tolong buat klean para bloger, klo ngasih title postingan harap disesuaikan dengan konten nya bang. w pengen bgt ngomong kasar tapi w faham, w yg butuh ilmu. jadi manusia sosial tu saling mengertilah bang. jangan mementingkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  20. Anj1n9 judulnya apa yang diposting apa t0l0l !

    ReplyDelete
  21. kamprett baca panjang² ternyata isinya pantat ...isi sma judul gk sesuai

    ReplyDelete
  22. setuju pak bener kalau gak bisa gak usa ngepos .....tapi gpp buat pengetahuan

    ReplyDelete
  23. wuuiiiiii
    ganti judul post nya....
    cari untung tidak harus seperti itu.
    tidak sesuai dengan yang di judul artikel nya.

    ReplyDelete
  24. sekarang ada hostpot handphone gak usah pada ribut ya

    ReplyDelete
  25. Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Merubah Modem 3G Menjadi 4G Lte >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete